Kamis, 17 Februari 2011

Nasihat Umar Bin Khattab

Nasihat Umar Bin Khatab

1.  Siapa yang takut kepada Allah maka Allah tidak akan pernah murka padanya. Siapa yang bertaqwa kepada Allah maka Allah tidak akan menyia-nyiakan apa yang diinginkannya.
2.      Buta terhadap urusan dunia lebih baik dari pada buta terhadap urusan akhirat.
3.     Janganlah tuan – tuan mengemukakan pendapat yang menurut persangkaan tuan sesuai dengan keinginan saya, tetapi kemukakan buah pikiran menurut perkiraan tuan – tuan sesuai dengan kebenaran.
4.     Segala puji bagi Allah yang telah memberi saya sahabat – sahabat yang bersedia meluruskan kesalahan saya jika ternyata saya melakukannya.
5.     Tidak seorang pun memperoleh nikmat karunia kecuali ada yang dengki padanya. Dan bagaimanapun licinnya seseorang bagikan gelas pastilah ada goresannya.
6.     Orang yang paling saya sukai diantara tuan – tuan sebelum saling mengenal ialah yang paling baik riwayat hidupnya. Jika tuan – tuan berbicara, maka yang paling saya sukai adalah orang yang paling jelas pembicaraannya. Jika kita sudah saling mengenal maka yang paling saya sukai adalah orang yang paling baik perbuatannya.
7.     Orang yang mempunyai hasrat terhadap perbuatan maksyiat tetapi tidak hendak melakukannya, merekalah yang hatinya beroleh ujian dari Allah untuk mencapai taqwa dan bagi mereka disediakan ampunan dan pahala besar.
8.      Agama itu tidak cocok kecuali bagi orang yang memasukinya karena didorong oleh keinginan dan kepercayaan.
9.     Kebaikan harta itu kita jumpai dengan tiga perkara : diambil dari yang haq, diberikan kepada yang haq dan dihindarkan dari yang batil.
10. Perdamaian itu diperbolehkan diantara sesama kaum muslimin kecuali perdamaian menghalalkan yang haram dan mengharamkan yang halal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar